Rabu, 09 November 2016

Kumpulan RPP Kurikulum 2013 (Kurtilas) SD

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )

RPP atau yang kita kenal dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah sebuah perangkat pembelajaran yang mendukung seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Menurut UU No.19 tahun 2005 yaitu pengertian RPP adalah "Seperangkat Rencana yang menggambarkan proses dan Prosedur pengorganisasian kegiatan pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar (KD) yang telah ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan di dalam silabus".

Rencana pelaksanaan pembelajaran pada hakekatnya merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan atau memproyeksikan apa yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran. Dengan demikian, RPP merupakan upaya untuk memperkirakan tindakan yang akan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran.

Kurikulum 2013 untuk sekolah dasar (SD) menggunakan pendekatan pembelajaran tematik integratif dari kelas I sampai kelas VI. Pengembangan RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik atau disebut dengan RPP Tematik. Penyusunan RPP Tematik idealnya dilakukan dengan tahapan sebagai berikut :
  • Menentukan tema yang akan dikaji bersama siswa;
  • Memetakan KD-KD dan indikator yang akan dicapai dalam tema-tema yang telah disepakati;
  • Menetapkan jaringan tema;
  • Menyusun Silabus Tematik;
  • Menyusun RPP pembelajaran tematik.
Dalam implementasi Kurikulum 2013, tema tidak dinegosiasikan dengan siswa, tetapi sudah ditetapkan oleh pemerintah, bahkan silabus tematik, buku guru, dan buku siswa telah disediakan oleh pemerintah. Untuk keperluan penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di kelas, guru dapat mengembangkan RPP Tematik dengan memperhatikan silabus tematik, buku guru, dan buku siswa yang telah tersedia serta mengacu pada format dan sistematika RPP yang berlaku.
Berikut adalah kumpulan RPP Kurikulum 2013 yang bisa anda download sebagai contoh yang bisa anda gunakan dalam pelaksanaan pembelajaran :
Kumpulan RPP Kelas 1 Tema 1 Kurikulum 2013 download di sini.
Kumpulan RPP Kelas 4 Tema 1 Kurikulum 2013 download di sini.
Demikian yang bisa saya bagikan, mudahan bermanfaat, amiin.
Banjarbaru, 11 Nopember 2016
Asrani, S.Pd.I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar