KOMPETENSI YANG HARUS DIMILIKI SEORANG GURU/PENDIDIK

Sabtu, 24 November 2012
Kompetensi Guru
Kinerja guru mempunyai spesifikasi/kriteria tertentu. Kinerja guru dapat
dilihat dan diukur berdasarkan spesifikasi/kriteria kompetensi yang harus
dimiliki oleh setiap guru.
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia
Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi
Guru. Dijelaskan bahwa Standar Kompetensi Guru dikembangkan secara
utuh dari 4 kompetensi utama, yaitu: (1) kompetensi pedagogik, (2) kepribadian,
(3) sosial, dan (4) profesional. Keempat kompetensi tersebut terintegrasi
dalam kinerja guru.
1. Kompetensi Pedagogik
    Kompetensi pedagogik yaitu kemampuan yang harus dimiliki guru berkenaan
    dengan karakteristik siswa dilihat dari berbagai aspek seperti moral,
    emosional, dan intelektual.
    Hal tersebut berimplikasi bahwa seorang guru harus mampu menguasai
    teori belajar dan prinsip-prinsip belajar, karena siswa memiliki karakter, sifat,
   dan interest yang berbeda.
   Berkenaan dengan pelaksanaan kurikulum, seorang guru harus mampu
   mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan masing-masing dan
   disesuaikan dengan kebutuhan lokal.
   Guru harus mampu mengoptimalkan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan
   kemampuannya di kelas, dan harus mampu melakukan kegiatan
   penilaian terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
   Kemampuan yang harus dimiliki guru berkenaan dengan aspek-aspek
   yang diamati, yaitu:
   a. Penguasaan terhadap karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral,
       sosial, kultural, emosional dan intelektual.
   b. Penguasaan terhadap teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang
       mendidik.
   c. Mampu mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan
       yang diampu.
   d. Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik.
   e. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan
       penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik.
    f. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan
       berbagai potensi yang dimiliki.
   g. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.
   h. Melakukan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, memanfaatkan
       hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
    i. Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
2. Kompetensi Kepribadian
    Pelaksanaan tugas sebagai guru harus didukung oleh suatu perasaan
    bangga akan tugas yang dipercayakan kepadanya untuk mempersiapkan generasi
    kualitas masa depan bangsa. Walaupun berat tantangan dan rintangan
    yang dihadapi dalam pelaksanaan tugasnya harus tetap tegar dalam melaksakan
    tugas sebagai seorang guru.
    Pendidikan adalah proses yang direncanakan agar semua berkembang
    melalui proses pembelajaran. Guru sebagai pendidik harus dapat mempengaruhi
    ke arah proses itu sesuai dengan tata nilai yang dianggap baik dan berlaku
    dalam masyarakat.
    Tata nilai termasuk norma, moral, estetika, dan ilmu pengetahuan, mempengaruhi
    perilaku etik siswa sebagai pribadi dan sebagai anggota masyarakat.
    Penerapan disiplin yang baik dalam proses pendidikan akan menghasilkan
    sikap mental, watak dan kepribadian siswa yang kuat. Guru dituntut harus
    mampu membelajarkan siswanya tentang disiplin diri, belajar membaca,
    mencintai buku, menghargai waktu, belajar bagaimana cara belajar, mematuhi
    aturan/tata tertib, dan belajar bagaimana harus berbuat. Semuanya itu
    akan berhasil apabila guru juga disiplin dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya.
    Guru harus mempunyai kemampuan yang berkaitan dengan kemantapan
    dan integritas kepribadian seorang guru. Aspek-aspek yang diamati adalah:
    a. Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan
        nasional Indonesia.
    b. Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan
        bagi peserta didik dan masyarakat.
   c. Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan
       berwibawa.
   d. Menunjukan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi
       guru, dan rasa percaya diri.
    e. Menjunjung tinggi kode etik profesi guru.
3. Kompetensi Sosial
    Guru di mata masyarakat dan siswa merupakan panutan yang perlu dicontoh
    dan merupkan suritauladan dalam kehidupanya sehari-hari. Guru perlu
    memiliki kemampuan sosial dengan masyakat, dalam rangka pelaksanaan
    proses pembelajaran yang efektif. Dengan dimilikinnya kemampuan tersebut,
    otomatis hubungan sekolah dengan masyarakat akan berjalan dengan lancar,
    sehingga jika ada keperluan dengan orang tua siswa, para guru tidak akan
    mendapat kesulitan.
    Kemampuan sosial meliputi kemampuan guru dalam berkomunikasi,
    bekerja sama, bergaul simpatik, dan mempunyai jiwa yang menyenangkan.
    Kriteria kinerja guru yang harus dilakukan adalah:
    a. Bertindak objektif serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin,
        agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial
        ekonomi.
    b. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik,
        tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.
    c. Beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah Republik Indonesia
        yang memiliki keragaman sosial budaya.
    d. Berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara
        lisan dan tulisan atau bentuk lain.
4. Kompetensi Profesional
    Kompetensi Profesional yaitu kemampuan yang harus dimiliki guru dalam
    perencanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran. Guru mempunyai tugas untuk mengarahkan      
    kegiatan    belajar siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran,
    untuk itu guru dituntut mampu menyampaikan bahan pelajaran.
    Guru harus selalu meng-update, dan menguasai materi pelajaran yang disajikan.
    Persiapan diri tentang materi diusahakan dengan jalan mencari informasi
    melalui berbagai sumber seperti membaca buku-buku terbaru, mengakses dari
    internet, selalu mengikuti perkembangan dan kemajuan terakhir tentang
    materi yang disajikan.
   

0 komentar:

Poskan Komentar