Perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-
hasil teknologi dalam proses belajar. Para guru dituntut agar mampu menggunakan
alat-alat yang disediakan oleh sekolah. Sekurang-kurangnya dapat menggunakan alat
yang murah dan efisien, meskipun sederhana tetapi suatu keharusan dalam upaya
mencapai tujuan belajar yang diharapkan. Disamping mampu menggunakan alat- alat
yang tersedia guru juga dapat mengembangkan ketrampilan membuat media
pembelajaran yang belum tersedia. Untuk itu guru harus memiliki pengetahuan dan
pemahaman yang cukup tentang cara membuat media pembelajaran.
Berdasarkan hal itulah saya mencoba
membuat sebuah alat peraga matematika yang dipergunakan utuk membantu siswa
dalam mencari hasil perkalian antara bilangan satu angka dengan dua angka
ataupun dua angka dengan dua angka. Berikut akan saya sajikan cara pembuatan
dan penggunaan alat peraga tersebut.
A. Nama Alat Peraga : Alat
Peraga Matematika SD Untuk Membantu Mempermudah Mencari Hasil Perkalian
Bilangan Satu Angka dikali Dua Angka dan Dua Angka dikali Dua Angka.
B. Alat dan Bahan :
1. Gabus
sterofoam
2. Pisau
cutter
3. Gunting
4. Penggaris
5. Lem
Fox atau sejenisnya
6. Push
Pins
7. Tali
minimal 2 warna
Gambar
1. Foto Alat dan Bahan
C. Langkah-langkah pembuatan alat
peraga :
1. Potong
gabus sterofoam dengan pisau cutter sesuai ukuran dan potongan yang dikehendaki,
diutamakan bentuk persegi / belah ketupat
2. Tempelkan
potongan gabus yang satu ke potongan gabus yang lainnya dengan lem agar bentuk
gabus terlihat lebih cantik
3. Potong
tali-tali yang sudah disediakan tadi dengan gunting sesuai ukuran yang
dikehendaki
4. Ikat
ujung-ujung tali yang sudah dipotong-potong tadi ke push pins
Gambar
2. Foto Alat Peraga yang Sudah Siap
D. Cara penggunaan alat peraga :
1. Bedakan
tali sesuai warnanya, satu mewakili nilai puluhan dan yang lainnya mewakili
nilai satuan
2. Bentangkan
tali dari kanan atas ke kiri bawah sesuai jumlah puluhan dan satuan dari
bilangan yang terkali
3. Bentangkan
tali dari kiri atas ke kanan bawah sesuai jumlah puluhan dan satuan dari
bilangan pengali
4. Hitunglah
titik-titik potong dari tali-tali tersebut
5. Tuliskan
jumlah titik-titik potong dari tali-tali yang mewakili nilai satuan pada kertas
hitung
6. Tuliskan
jumlah titik-titik potong tali yang merupakan perpotongan dari tali yang
mewakili puluhan dan satuan pada kertas hitung
7. Tuliskan
jumlah titik-titik potong tali yang mewakili nilai puluhan pada kertas hitung
8. Jumlah
kan seluruh titik-titik potong tersebut dengan penjumlahan berturun, sesuaikan
posisi nilai satuan, puluhan dan ratusannya
9. Hasil
dari penjumlahan tersebut merupakan hasil dari perkalian bilangan tersebut
Gambar
3. Contoh Penggunaan Alat Peraga
- Tali ungu mewakili puluhan, tali hijau mewakili satuan
- Jumlah titik potong pada tali-tali satuan ada 2 buah, tulis 2 (mewakili nilai satuan)
- Jumlah titik potong antara tali yang mewakili puluhandan satuan (campuran) ada 7 buah, tulis 70 (mewakili nilai puluhan)
- Jumlah titik potong tali yang mewakili puluhan ada 3 buah, tulis 300 (mewakili nilai ratusan)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar