Kamis, 16 Maret 2017

Alat Peraga Matematika SD Untuk Menghitung Perkalian Dua Bilangan dikali Dua Bilangan



Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil- hasil teknologi dalam proses belajar. Para guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat yang disediakan oleh sekolah. Sekurang-kurangnya dapat menggunakan alat yang murah dan efisien, meskipun sederhana tetapi suatu keharusan dalam upaya mencapai tujuan belajar yang diharapkan. Disamping mampu menggunakan alat- alat yang tersedia guru juga dapat mengembangkan ketrampilan membuat media pembelajaran yang belum tersedia. Untuk itu guru harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang cara membuat media pembelajaran.
Berdasarkan hal itulah saya mencoba membuat sebuah alat peraga matematika yang dipergunakan utuk membantu siswa dalam mencari hasil perkalian antara bilangan satu angka dengan dua angka ataupun dua angka dengan dua angka. Berikut akan saya sajikan cara pembuatan dan penggunaan alat peraga tersebut.
A.      Nama Alat Peraga    :     Alat Peraga Matematika SD Untuk Membantu Mempermudah Mencari Hasil Perkalian Bilangan Satu Angka dikali Dua Angka dan Dua Angka dikali Dua Angka.

B.       Alat dan Bahan    :
1.      Gabus sterofoam
2.      Pisau cutter
3.      Gunting
4.      Penggaris
5.      Lem Fox atau sejenisnya
6.      Push Pins
7.      Tali minimal 2 warna


Gambar 1. Foto Alat dan Bahan


C.      Langkah-langkah pembuatan alat peraga :
1.      Potong gabus sterofoam dengan pisau cutter sesuai ukuran dan potongan yang dikehendaki, diutamakan bentuk persegi / belah ketupat
2.      Tempelkan potongan gabus yang satu ke potongan gabus yang lainnya dengan lem agar bentuk gabus terlihat lebih cantik
3.      Potong tali-tali yang sudah disediakan tadi dengan gunting sesuai ukuran yang dikehendaki
4.      Ikat ujung-ujung tali yang sudah dipotong-potong tadi ke push pins
Gambar 2. Foto Alat Peraga yang Sudah Siap


D.      Cara penggunaan alat peraga :
1.      Bedakan tali sesuai warnanya, satu mewakili nilai puluhan dan yang lainnya mewakili nilai satuan
2.      Bentangkan tali dari kanan atas ke kiri bawah sesuai jumlah puluhan dan satuan dari bilangan yang terkali
3.      Bentangkan tali dari kiri atas ke kanan bawah sesuai jumlah puluhan dan satuan dari bilangan pengali
4.      Hitunglah titik-titik potong dari tali-tali tersebut
5.      Tuliskan jumlah titik-titik potong dari tali-tali yang mewakili nilai satuan pada kertas hitung
6.      Tuliskan jumlah titik-titik potong tali yang merupakan perpotongan dari tali yang mewakili puluhan dan satuan pada kertas hitung
7.      Tuliskan jumlah titik-titik potong tali yang mewakili nilai puluhan pada kertas hitung
8.      Jumlah kan seluruh titik-titik potong tersebut dengan penjumlahan berturun, sesuaikan posisi nilai satuan, puluhan dan ratusannya
9.      Hasil dari penjumlahan tersebut merupakan hasil dari perkalian bilangan tersebut
Gambar 3. Contoh Penggunaan Alat Peraga

Keterangan :
·         Contoh perkalian dari gambar 3 adalah perkalian antara bilangan 31 x 12
  •        Tali ungu mewakili puluhan, tali hijau mewakili satuan
  •        Jumlah titik potong pada tali-tali satuan ada 2 buah, tulis 2 (mewakili nilai satuan)
  •       Jumlah titik potong antara tali yang mewakili puluhandan satuan (campuran) ada 7 buah, tulis 70 (mewakili nilai puluhan)
  •        Jumlah titik potong tali yang mewakili puluhan ada 3 buah, tulis 300 (mewakili nilai ratusan)
  •       Jumlahkan semua hasil tersebut dengan penjumlahan berturun maupun berjejer, sesuaikan posisi bilangannya. Lihat ilustrasi berikut :

         2 + 70 + 300 = 372

Demikian cara pembuatan dan cara penggunaan alat peraga tersebut, mudah-mudahan bermanfaat bagi kawan-kawan guru lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar